Jumat, 04 Maret 2011

Libya Terus Bergolak, "Kelucuan" Gaddafi Jadi Sorotan

Libya Terus Bergolak, "Kelucuan" Gaddafi Jadi Sorotan

TRIPOLI (Berita SuaraMedia) - Sebuah pepatah lama Arab mengatakan bahwa kemalangan terburuk adalah salah satu yang membuat Anda tertawa, dan tidak ada tempat lain dimana pepatah itu bisa sesuai daripada di Libya belakangan ini, di mana tingkah laku aneh Moamar Gaddafi adalah menyebabkan kehebohan di Internet. Ada banyak Parodi video dari pidato Gaddafi yang nyaris tidak dimengerti, sementara kartun dan lelucon berkembang biak di web, menggambar karikatur dari penguasa Libya itu  sebagai seorang yang "sakit mental" atau "orang gila berbahaya".
"Televisi Libya mengancam untuk menyiarkan ulang pidato Kadhafi jika para pemberontak tidak menyerah," bunyi salah satu sindiran Arab.
Sedikitnya 1.000 orang tewas dalam pemberontakan melawan Kadhafi, yang telah menunjukkan sangat sedikit belas kasihan para pemberontak, menyebut mereka sebagai "tikus", "mikroba", pemuda yang dihujani dengan "obat halusinogen” sementara mengklaim rakyatnya "mencintai" dia.
Halaman Facebook telah dibentuk dalam bahasa Arab dengan nama: "Darurat: Al-Jazeera tidak dapat menunjukkan pidato Kadhafi karena hak siaran milik MogaComedy," sebuah rujukan ke saluran satir Mesir.
Slogan penuh ejekan berlimpah di Facebook: "Orang-orang ingin memahami pidato itu!" dan "Orang-orang ingin presiden untuk menjalani perawatan medis!", mengulangi seruan  dari pemberontakan Arab lainnya: "Orang-orang ingin menurunkan rezim".
"Kami akan memulai pembicaraan dengan para pemberontak setelah obatnya telah memudar", cemooh puluhan halaman Facebook yang didedikasikan untuk Gaddafi.
"Jangan jatuhkan kegilaan saya, hanya itu yang saya miliki;" "Saya membangun Libya, jadi saya yang berhak untuk menghancurkannya" dan seterusnya.
Halaman lain menawarkan "hadiah tak ternilai kepada siapapun yang menemukan makhluk hidup yang sebodoh Gaddafi."
Namun adalah video yang disaksikan oleh ratusan ribu orang.
Salah satu bahkan merambat kemana-mana, dengan hampir 2,6 juta hits. Ini adalah sebuah remix yang dibuat oleh DJ dan musisi Israel, Noy Alooshe, dan berjudul "Zenga Zenga."
Video ini berisi pidato marah dan bertele-tele Khadafi dimana ia mengancam untuk membasmi pemberontak "inci demi inci, dari rumah ke rumah, dari gang ke gang."
Zanga berarti gang dalam dialek Arab Libya.
Satu klip menggambarkan Gaddafi sebagai karakter kartun "Looney Tunes" dengan nama Ga-Daffy Duck, lengkap dengan kelotek yang berapi-api.
Satiris lain telah meniru Gaddafi dalam sebuah video, menampilkan pseudo-Gaddafi berada dalam gua, kepalanya terbungkus jilbab, tunik panjang dan kacamata hitam.
Dia mengoceh tentang melawan imperialisme dan Arab, dengan hanya ayam sebagai penontonnya. Hewan itu terlihat terkejut ketika aktor itu berteriak dan menggebrak meja.
Di antara video lainnya yang menggunakan bahasa Perancis, aktor dan komedian Jamel Debouzze telah memainkan peran sebagai "Admiral Kaisar Jendral Kolonel Sadafi", suatu gabungan antara mantan diktator Irak Saddam Hussein dan Kadhafi, yang mengumpulkan judul termasuk dari 'Raja segala raja Afrika.
"Saya melakukan itu semua untukmu, cintaku. Saya mengancam PBB, meneror Persemakmuran, saya melakukan dua atau tiga genosida yang sangat efektif ... apa lagi yang bisa saya lakukan?," kata Sadafi kepada selirnya, yang mengkritiknya karena gagal untuk mencul pada halaman depan surat kabar'.
Gaddafi Sang "Pria Mata Keranjang", sering dikelilingi oleh perempuan dalam seragam militernya, "Amazon", juga muncul dalam klip dimana pidatonya diiringi dengan musik techno dan perempuan berpakaian minim yang menari di sekitarnya.
Represi rezim Libya pada pemberontak tampaknya juga telah mengilhami penyanyi Aljazair Cheb Rochdi, yang akan merilis lagu satir berjudul "Gaddafi, Hitler orang Arab."
Tapi sementara itu, situasi di lapangan masih jauh dari lucu.

0 komentar:

Posting Komentar