Senin, 29 Agustus 2011

[buat pemudik] trik aman tinggalkan rumah saat mudik


Quote:
Lebaran tinggal satu hari lagi. Anda pun barangkali sudah bersiap-siap mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Namun, sebelumnya pastikan dulu keamanan rumah yang akan Anda tinggalkan sementara. Kebakaran atau rumah dibobol maling merupakan beberapa ancaman yang mampu menggelisahkan hati setiap pemilik rumah. Nah, berikut beberapa trik aman tinggalkan rumah saat mudik :

Meminta bantuan

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan ketenangan pikiran saat mudik adalah dengan meminta teman atau tetangga terpercaya mengawasi rumah ketika Anda tidak ada. Minta ia singgah ke rumah setiap hari untuk mengecek keadaan.

Berikan teman atau tetangga itu kunci agar ia dapat masuk ke rumah dan membawakan surat, memberi makan kucing, atau menyiram tanaman Anda. Jika Anda meninggalkan kendaraan di garasi, berikan ia kunci motor atau mobil agar dapat membantu memanaskan mesinnya.

Menjaga kerahasiaan

Banyak orang tidak tahan untuk tidak mengumbar urusan pribadi mereka di situs-situs sosial seperti Facebook, Twitter, atau Foursquare. Jika tidak berhati-hati, informasi yang Anda sebarkan itu bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berniat buruk.

Jadi, tidak perlu mengumbar rencana perjalanan Anda di status Facebook, mengetwitnya, atau check-in di Foursquare sepanjang waktu.

Tirai jendela

Ketika hendak bepergian, Anda barangkali dibingungkan dengan pilihan menyibak atau menutup tirai jendela. Bagaimanapun, menutup tirai jendela bisa mencegah orang usil untuk mengintip ke dalam rumah. Tapi, tirai jendela yang tertutup juga membuat teman dan tetangga baik Anda tidak dapat melihat ke dalam rumah untuk mengecek kondisinya.

Pilihan terbaik adalah membiarkan tirai jendela berada dalam posisi normal seperti ketika Anda berada di rumah. Dengan demikian, orang lain tidak akan menduga bahwa ketika itu Anda sedang bepergian.

Lampu rumah

Jangan membiarkan lampu rumah menyala sepanjang siang dan malam ketika Anda bepergian. Selain tagihan listik bakal membengkak, orang asing pun akan tahu kalau Anda sedang tidak berada di rumah. Sebaiknya, beli switch timer untuk mengatur agar lampu menyala dan padam secara otomatis sesuai jadwal yang telah diprogram.

Cabut kabel elektronik

Cabut semua kabel perangkat elektronik seperti televisi, komputer, pemanggang roti, oven, lemari es dan lain-lain untuk melindungi dari naik-turun tegangan (power surges). Selain itu, tindakan ini juga dapat menghemat daya. Sebab, banyak peralatan tetap menggunakan daya bahkan ketika dimatikan.

0 komentar:

Posting Komentar