Jumat, 14 Januari 2011

Cara Alami Hilangkan Komedo Tanpa Pencet

Munculnya komedo di wajah seringkali memicu krisis percaya diri. Titik-titik hitam atau putih penyumbat pori-pori ini tak jarang membuat wajah terlihat kotor dan kusam.

Komedo memang sangat menyebalkan. Untuk menghilangkannya, jangan biasakan anda memencetnya! sebab selain kulit jadi merah, dapat juga membuat pori- pori anda jadi membesar.

Komedo merupakan bibit jerawat, sebelum bakteri masuk ke pori-pori kulit dan memicu peradangan atau infeksi. Facial di klinik kecantikan seringkali diandalkan untuk mengangkat komedo dengan sempurna. Membasmi komedo memang bukan hal mudah. Namun, Anda bisa melakukan perawatan untuk mencegah timbulnya komedo di wajah. Berikut sejumlah tips pencegahan yang bisa Anda coba di rumah, seperti diberitakan dari laman Times of India.

Lembabkan wajah dengan menerapkan kain basah hangat selama 15 menit setiap malam. Ini cara ampuh untuk membantu melepaskan sel kulit mati, kotoran, dan partikel lainnya yang menyumbat pori-pori. Namun, setelahnya jangan lupa menyuci kain dengan air mendidih untuk mematikan kuman dan bakteri yang menempel.

Cara lain adalah membuat larutan air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Oleskan ramuan ini pada wajah untuk mengusir komedo dan bintik-bintik penyumbat pori-pori di wajah. Hindari penggunaan kosmetik krim dan berminyak, karena dapat memicu pertumbuhan komedo di wajah.

Untuk pembersih, pilih yang lembut untuk kulit rentan jerawat. Hindari penggunaan masker mengandung mint, peppermint atau bahan iritasi lain, terutama untuk kulit berminyak.
Yang terpenting, jangan nekat mengeluarkan paksa komedo dengan memencet sendiri di rumah. Ini potensial memicu infeksi dan jerawat.

Berikut ini ada resep peel off mask dari gelatin yang mungkin bisa membantu Anda menyapu bersih komedo yang menyebalkan dan mengganggu anda:

1. Pertama sediakan satu sendok makan bubuk gelatin (bisa dibeli di pasar swalayan), dua sendok makan susu cair dingin, satu butir putih telur. Setelah semua tersedia campur susu cair dingin dengan bubuk gelatin dalam panci kecil, setelah tercampur rata panaskanlah di atas api kecil. Bubuk gelatin akan meleleh dan bersatu dengan susu. Hati-hati jangan sampai menggumpal !

2. Setelah meleleh, diamkan sampai terasa hangat. Masukkan putih telur lalu aduk rata. Ingat, adonan harus cukup dingin supaya putih telur tidak menjadi matang tapi juga jangan terlalu dingin karena akan membeku.
3. Setelah semuanya selesai, segera oleskan adonan tadi ke wajah (kecuali area seputar mata dan bibir). Untuk memudahkan pemakaian, gunakanlah kuas agar lapisannya merata. Oleskan sekali lagi supaya masker merekat kuat.
4. Berbaringlah selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan terasa kering dan mengencang, lalu tariklah mulai dari dagu ke arah atas secara perlahan.
5. Setelah semua terkelupas, basuhlah wajah menggunakan air hangat dan bubuhkan pelembap sesudahnya.
6. Perhatian cara ini tidak dianjurkan bagi kulit yang berjerawat, jenis kulit kering dan sensitif karena bisa mengakibatkan kondisi kulit bertambah kering atau menimbulkan iritasi akibat tarikan masker. (fn/vs/sk) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar