Senin, 10 Januari 2011

Ilmuan Telah Berhasil Menciptakan Sel Sintetis

cells
Perkembangan ilmu tentang genom telah memungkinkan umat manusia untuk mempelajari lebih dalam mengenai kehidupan. Dengan keberhasilan pemetaan gen, maka ilmuan telah melangkah lebih jauh dari pengetahuan dasar mengenai empat huruf dasar sebagai rangka konstruksi DNA (Adenine, Cytosine, Thymine dan Guanine).
Sebuah tim ilmuan, di motori oleh Drs. Craig Venter, Hamilton Smith dan Clyde Hutchison  telah berhasil menciptakan sel bakteri sintetis. Sel sintetis ini dibuat dengan ‘menghidupkan’ 1,08 juta pasang genom yang terdiri dari keempat rangka diatas pada sebuah sel. Hasilnya adalah sel pertama yang dikontrol oleh genom buatan manusia.
Perjalanan panjang para ilmuan ini dimulai lima belas tahun yang lalu. Selama proses penciptaan ini, tim ilmuan yang tergabung di J Craig Venter Institute ini terus meminta pandangan dan tinjauan  mengenai implikasi etika dan sosial dari riset ini.
Harapan para ilmuan, dengan kemampuan ‘menulis ulang’ genom (juga dikenal sebagai software seluruh makhluk hidup), akan mendorong terciptanya terobosan baru di bidang biofuels, vaksin dan obat-obatan serta teknologi air bersih.

0 komentar:

Posting Komentar