Senin, 10 Januari 2011

Kilas Balik Keajaiban Teknologi Tahun 2010

Di tahun 2010, beberapa inovasi teknologi seakan menghadirkan keajaiban dan  tak jarang, orang geleng-geleng kepala mempertanyakan bagaimana sebuah teknologi inovatif bisa bekerja.
Perkembangan teknologi memang mencengangkan seperti berikut ini,
1. Apple Ipad
Walaupun  iPad bukan tablet layar sentuh pertama, namun jelas yang paling fenomenal karena harganya yang relatif terjangkau . Banyaknya aplikasi membuat aktivitas fun seolah tak terbatas hanya dengan sentuhan jari. Produk ini laris dengan jutaan unit sehingga produk yang sejenis mengikuti.
2. Robot Astronot.
Robonaut 2, itulah namanya, siap mengarungi angkasa bersama pesawat Discovery . Mungkin di masa depan, robot ini bisa sepenuhnya menggantikan astronot manusia.Peluncurannya ke angkasa dipandang sebagai langkah besar oleh badan antariksa NASA karena Si robot akan membantu tugas astronot manusia.
3. Microsoft Kinect
Teknologi ini adalah terobosan baru karena Microsoft Kinect menggunakan gerakan tubuh manusia sebagai alat kendali dalam game. Dengan Kinect pemain hanya perlu menggerakan tubuh untuk mengendalikan karakter dalam game , sedangkan perangkat lain masih menggunakan alat.
4. Baju Robot
Baju robot bernama XOS 2 ini tidak secanggih milik Iron Man diciptakan oleh sebuah kontraktor militer Amerika Serikat. Keistimewaan dari baju robot ini adalah kemampuannya bisa  untuk melipatgandakan kekuatan tentara yang mengenakannya.
5.  Teknologi Telepresence.
Penampilan Putri Leia minta tolong dalam film Star Wars dalam bentuk 3 dimensi menjadi cikal bakal dari teknologi ini. Para periset University of Arizona, meyakini beberapa tahun ke depan, teknologi ini siap dikomersialkan.

0 komentar:

Posting Komentar