Sabtu, 22 Januari 2011

Menlu Prancis Dikeroyok di Gaza


Mobil Menlu Prancis dikurung (Foto: AFP)
GAZA - Massa demonstran Palestina tiba-tiba menyerbu kendaraan yang ditumpangi oleh Menteri Luar Negeri Prancis yang sedang melakukan kunjungan di Gaza. 

Puluhan massa yang diantaranya terdapat keluarga dari tahanan Palestina yang ditahan di Penjara Israel, mengepung mobil yang mengangkut Menlu Prancis Michelle Alliot-Marie. Warga berusaha memblokir perjalanannya yang hendak melewati perbatasan Erez dari Israel.

Warga Palestina ini marah atas komentar yang dikeluarkan oleh Alliot-Marie yang dinilai memberikan dukungan kepada prajurit Israel yang ditahan Hamas, Gilad Schalit. Schalit sendiri diketahui memiliki kewarganegaraan ganda yakni, Israel dan Prancis. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (21/1/2011).

Alliot-Marie sebenarnya tidak mengutarakan langsung dukungan tersebut. Namun usai mengunjungi orang tua Schalit pada hari Kamis 20 Januari lalu, justru orang tua Schalit yang mengeluarkan komentar dukungan tersebut.

Sepertinya warga Palestina merasa Alliot-Marie yang mengeluarkan pernyataan tersebut dan tentunya menyulut emosi mereka. Alhasil, kendaraan Menlu Prancis ini langsung dihujani lemparan telur bahkan sepatu.

Dirinya pun terpaksa mempersingkat kunjungannya ke Gaza. Alliot-Marie sendiri tidak menemui kelompok Hamas karena Uni Eropa selama ini menganggap Hamas sebagai kelompok teroris.  
(faj)

0 komentar:

Posting Komentar