Kamis, 30 Desember 2010


o1 o2



Jepang Akan Gunakan Pesawat Tanpa Awak


<!--div class="ts fr"> text TEXT SIZE :  
Baskoro Pramadani - Okezone
Foto: Pesawat tanpa awak AS. (wired.com)
TOKYO - Jepang saat ini tengah memasak gagasan untuk menggunakan pesawat tanpa awak untuk keperluan mengawasi atau memata-matai musuh. Pertimbangan ini muncul di tengah memanasnya tensi antara Tokyo dengan China dan Korea Utara (Korut).

Jepang akan mengirim pejabat militer ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan studi banding bagaimana harus mengoperasikan dan merawat pesawat tipe ini. AS saat ini telah menggunakan pesawat tanpa awak yang diberi nama Global Hawk.

Kementerian Pertahanan akan mulai meneliti kemungkinan untuk mulai menggunakan pesawat jenis ini. Keputusan akhir akan dibuat pada tahun 2015.

Pesawat tanpa awak ini dapat terbang dengan ketinggian 18.000 meter dan memiliki jarak aman hingga 550 kilometer. Tiga dari pesawat-pesawat ini nantinya akan digunakan untuk melindungi Jepang dan mengelilingi wilayah perairan.

Laporan tersebut tidak menyabutkan di mana Jepang akan mengembangkan pesawat tersebut. Tidak disebutkan juga apakah pesawat-pesawat ini akan digunakan untuk memata-matai wilayah negara lain.(fmh)

0 komentar:

Posting Komentar