Minggu, 12 Desember 2010

Perusahaan Asuransi Tolak Ganti Rugi Untuk Ban Salju

LONDON (Berita SuaraMedia) – Sejumlah pengendara yang memasang ban musim dingin ke mobil mereka untuk menghadapi salju dikenai premi asuransi yang lebih tinggi. AA Insurance Services mengatakan beberapa orang telah diberitahu untuk membayar 20% lebih banyak.
Ban musim dingin seharusnya lebih aman di dalam salju, tapi beberapa perusahaan asuransi memasukkannya sebagai modifikasi dari spesifikasi pabrik.
"Dalam beberapa kasus, mereka bahkan menolak untuk memberikan ganti rugi jika ban musim dingin dipasang," ujar Ian Crowder dari AA.
Kesalahan itu ditimpakan pada call centre perusahaan asuransi, di mana tidak semua karyawan mengetahui tentang implikasi keselamatannya.
Dalam beberapa minggu terakhir musim dingin, ban musim dingin atau ban salju terbukti lebih populer daripada sebelumnya.
Sebuah pemasok ban salju, Kwik Fit, mengatakan telah menjual 50.000 ban tahun ini, dibandingkan dengan 2.000 ban tahun lalu. Mereka juga memperingatkan bahwa banyak peritel yang sekarang sudah kehabisan ukuran standar ban itu.
Ban tersebut memberikan performa yang lebih baik di permukaan salju dan es.
Sekali suhunya turun di bawah tujuh derajat celsius, ban standar cenderung untuk mengeras, mengurangi cengkeramannya.
Tapi ban musim dingin mengandung karet alami dan silika dalam proporsi lebih banyak yang membuatnya lebih lunak di cuaca dingin.
Dalam tes yang dilakukan oleh Asosiasi Pembuat Ban Inggris, sebuah mobil yang mengerem pada kecepatan 60 km/jam dalam kondisi basah memiliki jarak rem lima meter lebih pendek jika dipasangi ban musim dingin.
"Ada argumen yang sangat kuat bahwa orang-orang di Inggris harus memasang ban musim dingin untuk empat sampai lima bulan musim gugur dan musim dingin," ujar Clare Simpson dari organisasi Roadsafe.
Banyak negara Eropa timur lainnya yang memiliki peraturan yang mengharuskan pengendara untuk memasang ban musim dingin dalam kondisi tertentu. Mereka antara lain Austria, sebagian Jerman, dan negara-negara Skandinavia.
Tapi dalam praktiknya, memasang ban musim dingin berarti memiliki satu set ban yang terpisah, yang bisa menjadi sangat mahal.
BMW mengatakan bahwa harga untuk mobil terkecilnya dimulai sebesar 600 pound.
Dan Anda juga harus memiliki tempat untuk menyimpan ban itu.
Meski demikian, Clare Simpson percaya bahwa mereka harus memikirkan tentang peraturannya.
"Kami sangat merekomendasikan bahwa harus ada perdebatan tentang hal ini di Inggris," ujarnya. (rin/bbc) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar