Senin, 06 Desember 2010

"Pusat Pembasmian Al Qaeda Harus Diciptakan"

"Pusat Pembasmian Al Qaeda Harus Diciptakan"

MANAMA (Berita SuaraMedia) – Sebuah pusat regional untuk memerangi Al Qaeda harus diciptakan untuk membantu negara-negara menyatukan upaya dan menghapus bahaya yang mengancam dunia, ujar mantan kepala intelijen Arab Saudi.
"Bahaya yang mengancam kita semua dan pemberantasan terorisme memerlukan aksi internasional," ujar Pangeran Turki al Faisal di Manama, yang menjadi tuan rumah bagi sebuah konferensi besar tentang keamanan Timur Tengah.
"Kita harus meluncurkan kembali ide membentuk pusat regional untuk memberantas Al Qaeda," ujar Pangeran Turki.
"Tidak boleh ada hambatan antara negara-negara dalam bertukar informasi tentang Al Qaeda."
Di tahun 2005, Arab Saudi pertama kali mengangkat ide sebuah pusat regional yang berbasis di kerajaan ultrakonservatif, di mana pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden lahir, untuk menampung sumber daya internasional melawan terorisme.
Menteri Luar Negeri Yaman Abu Bakr Al Kurbi, yang negaranya adalah tanah air leluhur bin Laden, mengatakan dalam pertemuan itu bahwa "perjuangan melawan Al Qaeda sebagian gagal karena kita tidak melihatnya sebagai sebuah isu global."
"Setiap kita berkonsentrasi pada keamanan nasional kita masing-masing. Kita memerlukan sebuah strategi yang bersatu," ujar Kurbi.
Menteri Luar Negeri Inggris Liam Fox mengatakan bahwa terorisme transisional tidak memiliki batas.
"Kita harus belajar bertindak bersama," ujar Fox.
Dialog Manama tahunan yang diselenggarakan oleh Institut Internasional Studi Strategis itu dihadiri oleh perdana menteri, menteri pertahanan, pejabat militer, kepala intelijen, dan kepala sektor swasta dari seluruh kawasan dan sekitarnya. (rin/meo) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar